Tiga Lemak yang Bikin Langsing

Ada beberapa jenis minyak atau lemak yang malah membuat tubuh singset dan ramping.
pinggang (dok. Corbis)

Kata lemak identik dengan sumber penyebab tubuh gemuk. Tetapi jangan salah, ada beberapa jenis minyak atau lemak yang malah membuat tubuh singset dan ramping. Ini beberapa jenis lemak yang bersahabat dengan lingkar pinggang Anda.Minyak Kelapa
Sebagian besar minyak, termasuk minyak jagung dan zaitun, akan terurai menjadi asam lemak yang masuk ke dalam tubuh dan menyerap lemak. Minyak kelapa kaya sejenis lemak yang jarang ada dalam jenis makanan lain yakni rantai tengah trigliserida (MCTS).

Saat makan MCTS, bukannya masuk dalam pencernaan, lemak ini akan masuk ke hati dan berfungsi sebagai energi. Plus, tubuh membutuhkan energi ekstra untuk mencerna MCTS. “Asupan minyak kelapa membakar 45 kalori,” ujar Marie-Pierre St-Onge, asisten profesor gizi di University of Alabama di Birmingham.

Cara terbaik memakai minyak kelapa adalah menumis sayuran. Tetapi, gunakan minyak ini dengan api sedang, karena minyak kelapa rusak pada temperatur tinggi. Sebaiknya gunakan virgin coconut oil. Jangan memakai minyak kelapa jenuh yang malah meningkatkan kolesterol.

Minyak Enova
Minyak tradisional umumnya mengandung tiga asam lemak, tetapi minyak Enova hanya mengandung dua asam lemak yang bermanfaat bagi tubuh. Serupa dengan minyak kelapa, enova langsung menuju hati dan berfungsi sebagai energi.

Diet yang menyertakan 15 persen kalori harian dari Enova atau sekitar 3-8 sendok, lemak tubuh akan menyusut tiga persen lebih banyak daripada diet dengan minyak sayur.

Minyak enova dengan rasa dan aroma netral sangat cocok digunakan untuk dressing salad, atau digunakan untuk memanggang dan dan menumis. Tetapi jangan menggunakannya untuk menggoreng karena mengubah rasa dan warna dalam keadaan panas. Selain itu, harganya juga lebih mahal daripada minyak sayur.

Selai Kacang
Dari studi, orang yang makan selai kacang memiliki berat badan lebih rendah daripada orang yang menghindari makanan satu ini. Kombinasi protein, lemak dan serat dalam selai kacang membuat energi tetap terisi penuh dan membuat orang makan lebih sedikit.

Peneliti Universitas Purdue mengungkap semua jenis kacang afektif mempertahankan berat badan. Orang yang menambah kacang dalam diet mereka selama 19 minggu mampu membakar kalori lebih tinggi 11 persen saat beristirahat daripada yang tidak menyertakan selai kacang. Sebab, lemak tak jenuh dalam kacang dan selai kacang membakar lemak lebih cepat.

Gunakan kacang tumbuk untuk menambah citarasa mie atau sate. Sarapan pagi muffin bisa juga diselingi dengan selai kacang. Kacang chunky yang kaya serat lebih baik dibandingkan kacang berbentuk cair. Ahli gizi Bonnie Taub-Dix dari New York menyarankan jumlah ideal konsumsi selai kacang antara satu hingga dua sendok makan.

Lemak baik berubah menjadi buruk bagi kesehatan jika dimakan tak sesuai kebutuhan tubuh. Semua lemak umumnya mengandung sembilan kalori per gram. Agar mendapat berat badan ideal, sebaiknya asup lemak selang-seling untuk memperoleh manfaat terbaik. untuk lemak yang sudah dalam diet anda, bukan taktik mereka ke apa yang ada di piring Anda.

• VIVAnews

About shandybt

an ordinary man work as pharmacist who loved to shared....

Posted on May 20, 2010, in Info, Kesehatan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: