Fitur Lokasi Facebook Muncul Bulan Ini?

TechCrunch ‘memergoki’ fitur lokasi Facebook, pada situs versi ponsel sentuhnya.
Tampilan Facebook untuk ponsel sentuh (techcrunch)

Akhirnya Facebook membenarkan bahwa mereka tengah menyiapkan fitur baru yang telah banyak dinanti oleh para pengguna, yakni fitur lokasi.

Kepada situs TechCrunch, Facebook mengakui bahwa mereka sedang terus mempersiapkan fitur lokasi. Fitur ini, nantinya akan memungkinkan para pengguna Facebook untuk memberitahukan lokasi fisik mereka secara seketika kepada teman-teman Facebook mereka.

Sebelumnya, situs AdAge juga melaporkan bahwa fitur lokasi Facebook bakal diluncurkan bulan ini. Dari laporan tadi, Facebook dikabarkan bakal menggandeng restoran cepat saji McDonald’s sebagai salah satu pengiklan awal di atas platform fitur lokasi Facebook.

“Sampai kini belum ada rencana untuk menambah mitra pengiklan untuk produk baru (fitur lokasi-red) kami ini. Kami mungkin mempertimbangkan untuk melakukan hal itu, tapi belum akan dilakukan pada saat peluncurannya,” kata Juru bicara Facebook kepada situs Techcrunch.

TechCrunch sendiri ‘memergoki’ fitur lokasi pada Facebook, saat menjajal situs khusus Facebook bagi pengguna versi mobile berlayar sentuh, touch.facebook.com. Situs yang dioptimalkan bagi perangkat iPhone dan Android itu, saat dijalankan dengan browser Safari, akan menyebabkan ponsel menjadi hang.

Bila mode debug diaktifkan, maka situs Facebook itu akan selalu berusaha mencari ‘places_tab’, yang memang hingga sekarang belum diaktifkan oleh Facebook.

Menurut TechCrunch, pada versi mobile situsnya, Facebook sepertinya menggunakan komponen lokasi pada HTML5 untuk mendapatkan informasi lokasi dari ponsel.

Saat lokasi pengguna Facebook diketahui, Facebook bisa mengirimkan daftar-daftar lokasi penting yang berada di sekitar lokasi pengguna. Dari sini pengguna bisa melakukan check-in seperti pada layanan berbasis lokasi Foursquare.

Tapi Facebook tak hanya bisa merekam koordinat seseorang, melainkan juga mampu merekam ketinggian, arah pergerakan, kecepatan pergerakan, serta akurasi dari pengukuran lokasi. Tentu saja ini bisa menyaingi layanan-layanan berbasis lokasi seperti Foursquare, Gowalla, MyTown, atau Loopt.

Selama ini merek-merek semacam Pepsi, Starbucks, Bravo, dan MTV, telah menyebar promosi iklan melalui layanan berbasis lokasi. Namun, skala penyebaran iklannya dirasa kurang begitu signifikan.

Loopt cuma memiliki 3,5 juta pengguna, MyTown punya sekitar 2 juta pelanggan, Foursquare lebih kecil lagi, cuma 1 juta anggota.

Penambahan fungsi lokasi ini pada Facebok yang memiliki jumlah pengguna yang jauh sangat besar – lebih dari 450 juta orang – tentu sangat dinanti para pengiklan, yang mengincar metode beriklan berdasarkan target geolokasi.

“Fitur ini akan menjadi hal terbesar bagi bisnis lokal, sejak adanya paid search,” kata Ian Schafer CEO DeepFocus, perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran. (hs)

Sumber: Indra Darmawan • VIVAnews
semoga bermanfaat
SBT 2010

About shandybt

an ordinary man work as pharmacist who loved to shared....

Posted on May 11, 2010, in Info, Komputer dan Internet and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Just want to say what a great blog you got here!
    I’ve been around for quite a lot of time, but finally decided to show my appreciation of your work!

    Thumbs up, and keep it going!

    Cheers
    Christian, iwspo.net

  2. Terimakasi robot komputer pacebook.tehnologi cangi. Dn,pintar namasaya. Sanuri sangat senang dengan adanya tehknologi tercangi wasalam●

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: